Jumat, 09 Agustus 2019

Cara Kerja Nslookup pada CMD (getAddress)



Cara Kerja Nslookup pada CMD (getAddress)

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Nslookup, namun kali ini kita lebih akan membahas bagaimana cara kerja Nslookup menggunakan IP atau address untuk mengetahui nama domain. Untuk caranya kita hanya memasukan command Nslookup address pada command prompt.


Pada program diatas merupakan program yang akan mengimport paket java.net yang didalamnya berisi fungsi untuk memperoleh nama domain, berbeda dengan program sebelumnya dimana membutuhkan nama domain untuk mengetahui addressnya, program ini membutuhkan address untuk mengetahui nama domainnya. Setelah program melakukan import, program akan meminta kita untuk memasukan IP address dari domain yang ingin kita ketahui namanya dengan perintah System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>"); setelah address berhasil dimasukan program akan melakukan pengecekan apakah address tersebut tersedia atau tidak dengan perintah try{ address = InetAddress.getByName(host);}  bila address yang dimasukan tidak tersedia maka program akan menampilkan  "invalid IP - malformed IP" namun bila tersedia program akan menampilkan nama domain dari address tersebut.

Untuk menjalankan program diatas terlebih dahulu harus simpan dengan nama file Nslookup google.com kemudian compile file tersebut dan barulah program dapat dijalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar